Kamis, 03 Maret 2011

Beberapa Hal Tentang "Lord Of The Ring"

Lord of The Ring, novel trilogy yang diangkat menjadi sebuah film yang mengisahkan tentang sebuah Cincin yang mengandung pengaruh jahat kepada pemakainya. Cincin ini adalah milik makhluk jahat yang bernama Sauron. Dia berusaha mengambil kembali cincin yang telah hilang darinya.

Cerita ini diawali di Shire, namun setelah membaca Novel yang Ketiga "The Return of The King" buku ketiga, terdapat banyak sejarah yang diceritakan di sana. Sejarah inilah yang menarik perhatian penulis.
Penulis tertarik untuk memaparkan beberapa hal yang menarik untuk penulis, bagi penggemar "Lord of The Ring" mungkin sudah mengetahui dan pernah membacanya.

Asal Mula Kedatangan Bangsa Peri Ke Dunia Tengah

Feanor adalah tokoh Eldar (bangsa peri) yang paling menguasai seni dan adat istiadat, tapi juga paling agkuh dan berkehendak keras. Dialah yang menempa Tiga Permata yang disebut Silmarilli dan mengisinya dengan cahaya dari Dua Pohon, Telperion dan Laurilen yang menebarkan cahayanya pada negeri kaum Valar (peri bangsawan). 
Permata-permata itu sangat didambakan Morgoth, sang musuh. Dan dia berhasil mencurinya, dan setelah menghancurkan kedua Pohon bercahaya ia membawa permata-permata itu ke Dunia Tengah dan menyimpannya di bentengnya yang besar, Thangorodrim.
Feanor, setelah permata-permatanya dicuri Morgoth, meninggalkan Alam Berkah (mungkin maksudnya surga, sampai sekarang penulis juga kurang mengerti) dan pergi mengasingkan diri ke Dunia Tengah. Ia bermaksud merebut kembali permata dari Morgoth dengan kekerasan.

Inilah awal datangnya bangsa Peri ke Dunia Tengah. Namun penulis tidak menemukan lagi kabar tentang Feanor di buku lain.

Perkawinan antara kaum Eldar dan Kaum Edam

Ada 3 perkawinan yang pernah terjadi antara Kaum Eldar (Peri) dan kaum Edam (manusia), yaitu :

  1. Antara Luthien dengan Beren
  2. Antara Idril dengan Tuor.
  3. Antara Arwen Undomiel dengan Aragorn Ester (Raja Ellasar)


Luthien Tinuviel adalah Putri dari Raja Thinggol Jubah Kelabu dari Doriath di Zaman Pertama dengan Melian dari Bangsa Valar dan Beren adalah Putra Barahir dari Rumah Pertama bangsa Edam.  
Luthien dan Beren berhasil merebut satu Silmaril dari mahkota besi Morgoth. Luthien menjadi makhluk fana dan meninggalkan bangsa peri. Mereka mempunyai putra bernama Dior yang memiliki putri bernama Elwing. Elwing lah yang menyimpan Silmaril.


Idril Celebrindar adalah Putri Turgon Raja Kota Tersembunyi, Gondolin. Dan Tuor adalah Putra Huor dari Rumah Hador, Rumah Ketiga Kaum Edam yang paling termasyhur dalam peperangan melawan Morgoth.
Putra mereka adalah Earendir si Pelaut yang menikah dengan Elwing, dan menggunakan kekuatan Silmaril untuk melewati Bayang-bayang dan sampai ke Ujung barat.

Awal Terbentuknya Bangsa Numenor

Putra Earendir adalah Elros dan Elrond yang termasuk kaum Peredhil atau Half Even (setengah peri).
Pada akhir zaman pertama kaum Valar memberikan pada kaum Half-even suatu pilihan yang tidak dapat dibatalkan, yaitu menentukan dalam bangsa mana mereka akan termasuk.
Elrond memilih bangsa Peri dan menjadi ahli pengetahuan serta kebijaksanaan. Kepadanya diberikan karunia yang sama seperti kaum Peri Bangsawan yang masih berdiam di Dunia Tengah, yaitu bila sudah jemu dengan dunia fana mereka bisa naik kapal dari Grey Havens dan masuk ke Ujung Barat.

Sedangkan Elros memilih menjadi manusia dan tetap tinggal bersama kaum Edam tapi ia diberkati dengan masa hidup berlipat kali masa hidup manusia biasa.
Sebagai imbalan atas penderitaan mereka dalam perlawanan terhadap Morgoth, maka kaum Valar, Para Pelindung Dunia, menghadiahkan kepada Bangsa Edam sebuah negeri sebagai tempat bermukim, jauh dari bahaya-bahaya Dunia Tengah. Maka sebagian besar dari mereka berlayar mengarungi Lautan dan dengan dituntun Bintang Earendir, sampai ke Pulau Elenna yang besar, di wilayah peling Barat di semua negeri fana. Disana mereka mendirikan Wilayah Numenor. 
Elros menjadi Raja pertama Numenor dan dikenal dengan nama Bangsawan Peri yaitu Tar-Minyatur.

Demikianlah sedikit kisah tentang awal kehidupan di dunia "Lord of The Ring".


Sumber : Novel "Lord Of The Ring" buku Ketiga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar